Selasa, 15 Mei 2012

Do’a yang Tulus


Do’a yang tulus adalah suatu perbuatan  meminta pertolongan kepada Allah dengan kerendahan hati, memohon dengan setulusnya agar permintaan kita dikabulkan oleh Allah SWT. Allah adalah maha pemberi pertolongan dan pemberi nikmat. Contohnya kita telah diberikan nafas kehidupan oleh Tuhan kita. Telah diberikan kekuatan, akal pikiran untuk dapat menjalaninya. Oleh karena itu jangan menyerah dan putus asa. Penuhilah hati dan pikiranmu dengan akal yang sehat, dan selalulah berdo’a kepada Tuhan agar kiranya Tuhan selalu menemani dan memberi kekuatan kepada kita dalam menjalani hidup.
Dalam islam kita ini sangat dianjurkan untuk selalu berdo’a karena kita ini adalah makhluk yang lemah, bahwa dalam islam bagi umat yang tidak pernah berdo’a maka mereka itu dianggap sebagai umat yang sombong karena dapat menjalani kehidupan dengan bantuan oleh Allah SWT. Berdo’a sangat lah penting karena kita sebenarnya sedang berperang dengan setan yang selalu mengoda. Karena itu kita butuh bantuan oleh Allah agar tidak disesatkan oleh setan. Solat adalah do’a, karena didalam solat banyak terdapat do’a – do’a kita terhadap Allah SWT. 
Dalam berdo'a hendaknya kita melakukan hal berikut agar Do'a kita bisa di ijabah oleh allah SWT:

1. Awali do'a dengan Asmaul Husna
Dalam A-Qur'an disebutkan dalam surat Al-A'raf 7:180 "Allah mempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka lakukan."

2. Ucapkan dengan kalimat Tauhid
Setelah membacakan Asmaul Husna, maka kita membacakan Kalimah Tauhid sebagai pernyatan dan ekspresi kita kepada Allah yang Maha Esa, Maha Berkuasa, Maha Pengasih dan tiada sekutu bagi-Nya.

3. Berdo'a dengan prasangka baik
Dalam berdo'a, kita harus berprasangka baik kepada Allah, bahwa Dia akan selalu mengabulkan do'a kita.

4. Berdo'a dengan hati yang sungguh-sungguh
Allah akan mengabulkan do'a dari hati yang bersih dan sungguh-sungguh. Allah tidak akan mengabulkan do'a orang yang tidak bersungguh-sungguh atau setengah hati dalam memohon do'anya.

5. Berdo'a lah dengan kerendahan hati
Dalam berdo'a kita harus merendahkan hati di hadapan Allah. Allah tidak menyukai orang-orang yang tinggi hati atau sombong. Buanglah kesombongan yang ada dalam diri kita agar Allah mendengar permohona kita.

6. Berdo'a lah dengan permintaan yang jelas
Kita harus meminta kepada Allah dengan permintaan yang jelas dan terfokus. Kalau kita memintakan sesuatu kepada Allah, maka sebutkan permintaan itu dengan jelas, kalau perlu sebutkan dengan spesifik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar