Sabtu, 21 April 2012

Manometer

Manometer  adalah suatu alat ukur tekakan zat cair di dua titik. Manometer ini adalah alat ukur tekanan yang sangat sederhana. Pengamat bisa langsung melihat perbedaan tekanan dari tabung yang sudah diskalakan. Manometer biasanya digunakan untuk pengukuran tekanan zat cair yang tidak terlalu tinggi  atau mendekati tekanan atmosfir.
Fungsi Manometer
Manometer adalah alat yang digunakan secara luas pada audit energi untuk mengukur perbedaan tekanan di dua titik yang berlawanan. Jenis manometer tertua adalah manometer kolom cairan. Versi manometer sederhana kolom cairan adalah bentuk pipa U  yang diisi cairan setengahnya biasanya berisi minyak, air atau air raksa, dimana pengukuran dilakukan pada satu sisi pipa, sementara tekanan yang mungkin terjadi karena atmosfir diterapkan pada tabung yang lainnya. Perbedaan ketinggian cairan memperlihatkan tekanan yang terukur.
Prinsip kerja Manometer

 

          A                              B

Berdasarkan penjelasan diatas, manometer adalah alat ukur yang sedehana dan simple dalam proses pengukuran. Prinsipnya adalah
  • Pada gambar A adalah manoter tabung U yang diisi zat cair stengahnya. Pada tabung tersebut diberi skala yang telah dikalibrasi agar hasil pengukuran dapat dipertanggungjawabkan.
  • Pada gambar B dibagian kiri dari tabung diberi tekanan sehingga cairan pada tabung sebelah kan naik sejauh tinggi yang ditunjukkan di skala. Nilai dari tekanan adalah penjumlahan hasil pembacaan diatas dan dibawah angka nol.

1 komentar:

  1. jangan lupa lihat juga artikel penting di calvin529.blogspot.com

    BalasHapus