Selasa, 10 April 2012

Istiqomah dalam Mencapai Sebuah Keberhasilan

Istiqomah dalam Mencapai Sebuah Keberhasilan

Istiqomah dalam islam adalah suatu sikap kokoh atau teguh pendirian dalam Aqidah dan konsisten dalam  beribadah.
Istiqomah dalam kehidupan adalah suatu sikap teguh dalam pendirian dalam melakukan suatu kegiatan  dan konsisten melaksanakannya walaupun sedikit.

Teguh Pendirian maksudnya suatu tekat yang bersungguh-sungguh dalam melaksanakan suatu tujuan. Suatu keberhasilan biasanya di awali oleh suatu tekad yang bersungguh-sungguh. Konsisten maksudnya melaksanakan suatu kegiatan secara terus menerus walaupun sedikit. Konsisten dalam beribadah contohnya dalam mengaji Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita mengaji secara terus menerus (konsisten) walau pun cuma sedikit.
Dalam islam sangat menyarankan umatnya untuk bersifat istiqomah, agar manusia siap dalam menjalani kehidupan dan berbahagia di dunia dan di akhirat kelak. Kata istiqomah sering keluar di beberapa sabda Rasulluah salah satunya :
“Dari Abu Sufyan bin Abdillah Radhiallahu ‘anhu berkata: Aku telah berkata, “wahai rasulullah katakanlah kepadaku pesan dalam Islam sehingga aku tidak perlu berkata pada orang lain selain engkau. Nabi menjawab,”katakanlah aku telah beriman kepada Allah kemudian beristiqomahlah”. Berdasarkan hadist diatas tersirat bahwa iman dan istiqomah memiliki kepentingan yang tidak dapat digantikan dengan nilai-nilai lainya dalam kehidupan. Iman dan istiqomah menjadi sangat penting karena merupakan pondasi dalam islam dan istiqomah adalah suatu sikap agar iman dapat lebih kuat.
Kenapa Amerika itu menjadi suatu Negara yang terbesar di dunia dalam segi ilmu pengetahuan dan teknologi ya??
  • Kenapa Singapur dengan wilayah yang kecil menjadi suatu Negara yang besar ya dalam segi perdangan??
  • Kenapa Jepang yang pada tahun 1945 sama-sama hancurnya dengan Indonesia tapi sekarang telah menjadi Negara yang modern dan besar ya??
  • Kenapa Negara Korea Selatan yang biasa perang dengan saudara sendiri, sekarang telah bisa menyampaikan budayanya, nyanyiannya, dan perkembangan teknologinya ke berbagai Negara di dunia ya??
Jawabannya adalah karena negara – negara tersebut telah “siap” untuk itu. 

Negara jepang yang sama-sama hancur ditahun 1945 , sekarang telah menjadi negara yang besar di dunia dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Kenapa bisa ya? Hal ini karena mereka telah siap untuk menjadi negara yang seperti itu. Dalam sejarahnya setelah dihancurkan oleh Amerika maka pemerintahan jepang mengalihkan perhatian ke ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan digali secara terus menerus , dengan bersungguh sungguh dan akhirnya mendapatkan hasil yang luar biasa sampai saat ini. Dalam mencari ilmu tidak lah mudah bagi bangsa jepang, bangsa jepang dalam sejarahnya sempat menjadi kuli oleh bangsa Amerika agar bangsa jepang mendapatkan ilmu. Jadi sangat dibutuhkan kesungguhan dan konsisten.

Negara Korea Selatan kenapa ya bisa budayanya bisa terkenal keberbagai negara? Musik yang mendunia dan menguasaan ilmu pengetahuam dan terknologi yang modern. Hal ini karena mereka telah siap untuk itu. Dalam beritanya Korea Selatan telah mempersiap hal tersebut sejak tahun 1991. Seperti musik dan ilmu pengetahuan yang mendunia mereka telah mempersiapkan 20 tahun yang lalu.
Contoh yang paling sederhana lagi adalah ketika kita melakukan suatu ujian, apa bila ujian tersebut kita persipankan hanya dalam satu malam saja tentu hasilnya juga tidak memuaskan dan apabila kita istiqomah dalam menghadapi ujian, setiap malam belajar walaupun sedikit maka insyaallah hasilnya pasti akan lebih baik.

Karena itulah ilmu dalam islam itu adalah pasti maka dari saat ini, kita harus mengubah sikap kita sesuai dengan ilmu yang di ajarkan oleh Allah SWT. Teguh Pendirian, bersungguh-sungguh dan konsisten kunci keberhasilah disemua bidang kehidupan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar